Ceritanya nih ya setelah 20 tahun berpisah, tiba-tiba aku masuk dalam grup Whatsapp Alumni SMA. (eaaa jadi ketauan dah aku anak tahun segituan). Dan aku kok banyak yang lupa ya orang-orangnya. Tapi pas pada cerita begini begitu, aku mulai menyusun kepingan-kepingan memori di otak aku. Akhirnya inget satu-satu. Eh ini bukan menandakan aku udah mulai pikun yaaakk.. Karena emang bener-bener nggak tau info apa-apa sejak lulus SMA. Beneran deh.

Di antara keributan yang tiada henti di grup tersebut, ada topik yang sangat menarik minat, kisah cinta seragam putih abu-abu. Ramai lah bongkar-bongkar kisah cinta, dan cinta-cinta yang ditolak, juga cinta-cinta yang putus dengan dramatis. Jadilah aku teringat waktu kelas 1 dulu, ada yang kirim surat cinta dulu ke aku, katanya dari kakak kelas.

_______

Terus kan aku cerita:

“Dulu ya ada kakak kelas titip surat ke saya.. Yang ngantar surat sapa ya sa lupa.. Suratnya isinya saya perempuan anggun, lembut, ramah, sopan de-el-el. Hadeuuuh itu sa rasa surat salah alamat. Sa balikin lagi sama kurirnya. Cuma tra tau tuh surat dikembalikan kah tidak ke orangnya lagi.”

________

Udah kan tuh ya, kagak ada yang tau perkara. Dan aku pun merasa berarti kurirnya dulu bukan anak-anak yang ada di grup ini, soalnya aku ingat kurirnya itu temen aku seangkatan. Tapi sungguh lupa siapa yang ngasih tuh surat ke aku.

________

Hingga akhirnya setelah dua jam kemudian, setelah pembicaran berubah topik beberapa kali, datanglah seorang kapiten, eh, seorang teman maksudnya. Sebut saja Angga (bukan nama sebenarnya) dia bilang gini:

“Sa datang… Kurir juga di samping… Don’t Worry..”

Terus salah satu teman nyaut, mari kita panggil dia Yudha: “Kasih nama kurir Ngga, Dessy penasaran sampai tra bisa beol itu..”

Teman lain bernama Linda (ini bukan nama samaran) ikutan nyamber:“coba juru kunci terangkan dulu..”

Yudha: Angga pu memori mantap dia upgrade terus itu RAM nya.

Angga: Suratnya sa titip Wempi tapi tra berani…tolak-tolakan dengan Wahyudi lalu terakhir titip Harold juga tra berani ya terpaksa sa maju.. hehehe… Ah…. Sa bongkar-bongkar rahasia lagi..

Yudha: Des beol sudah kah? Su ada nama itu..

(Huasyem emang ini teman aku yang satu ini, mentang-mentang saya pecinta jamban, dibilang lagi beol terus.)

_______

Aku masih belum ngeh tuh sama chit chat itu. Pas udah topik berubah lagi, aku baru buka Whatsapp. Oh ternyata akhirnya aku tau si Angga toh yang jadi kurir.

Mulailah aku masuk dalam keramaian itu lagi:

“Angga toh kurirnya. Aduh ko kasih balik lagi ka tra da tuh surat?”

Yudha: Des itu Surat Angga kasih cewek lain dia ganti nama saja.

Hardi: dulu di sma ada tukang pos kah?

Angga: Wuitsss… Jangan sudah tutup sampai disini

Hardi: kalo tau gitu Sa juga mau ngirim kah..

Linda: tukang posnya kan Ibe to, Angga ajudannya…hehehe

Aku: Itu surat sungguh aneh..

Angga: Uwalah….saya mah anak baik2… Sa yang nulis surat malahan..buat dessy.. Peace ya… Peace.. Ini benarrrr..ngaku… Saksinya Yunus… Untung dia tidak ada di sini.. hehehe..

Hardi: ketangkap lagi ngaku

Linda: Ternyata Angga to

_______

Aduh aku jadi ngakak, ternyata yang nulis surat cinta yang lebay bin gombal itu bukan kakak kelas. Tapi tersangka utamanya adalah teman sendiri. Dan keributan pun tak bisa terelakan.

_______

Angga: Tukang pos itu Ibe dan Franky.. Sa saksi bisu…

Yudha: Angga kelakuan 😄😄😄

Aku: Lah Trs ngomongnya kok dari kakak kelas. Bah Angga suratnya gombal tak terkira. Sa bukan perempuan lembut, sopan, ramah. Hahahhahahahhahah. Aduh sa tra menyangka sekali… Baru tau.. Baru surat balik lagi ka tidak…

Angga: Yah…kembali lagi..udah donk…lain topiklah…malu alias isin….

Toto: Ooooh jadi……………………………………….😉😉😉

Hardi: trs kelanjutannya bagaimana itu?

Toto: Coba posting suratnya 😂

Masitahahahahaha😊😭😭😭😭😂😂😂😂 Angga..

Aku: Surat Sa balikan, sa tra bisa posting suratnya. Karena sa pikir salah alamat

Yudha: Des saya sudah bilang tadi dia ganti nama kasih cewek lain 😄😄😄😄😄

Aku: Hahahahah iyo kaaah??!! 😂😂😂😂😂

Hardi: hahahhahha macam cerita sinetron

AnggaYa balik-balik… Baca rame-rame dibelakang kelas 1.5.. tapi ada cowok-cowol 1.6 juga ikutan baca.. Akhir cerita dong rebutan baca Matui dan Harold, Wempi, Agus nimbrri. Roy..Moses, Agus Santoso..Erwin ada semua..

Aku: eaaaa ini kenapa malah yang baca banyak sekali… Hahahahaha.. 😭😭😭😭😭

 

______

Begitulah keramaian tak terelakan, banyak chit chat yang nggak aku copas di mari, karena ramenya pake banget. Sekedar info nih dulu aku tuh kan tomboy yaakk, temen cowok semua, terus jutek, galak, ketus, cuek, nggak peduli. Pokoknya nggak perempuan banget dah.

Terus tiba-tiba masih kelas 1 SMA, dapet surat cinta, ngakunya dari Kakak Kelas. Udah gitu isinya sodara-sodara. Segala rembulan dan bunga-bunga ada di dalamnya. Dan digambarkan dalam surat itu, aku cewek yang feminim banget, yang ramah, sopan, anggun dan lembut.

Huaaah aku bukan lelembut. #eh. Hihihi. Asli dah itu surat udah kayak pujangga gagal, eh, kayak pujangga gombal deh. *lah?!* Aku pun ijin sama temanku untuk posting kisah ini dengan janji namanya disamarkan. Jadi dari semua nama di atas cuma nama Angga yang palsu, itu aku ambil dari kata pujangga. Soalnya kebetulan teman aku ini inisialnya A, yah dipas-pasin aja daaah.. Timbang Alex atau Aldo anggota KYB yang sudah nggak berjenggot lagi itu. Hihihi.

Pesan moral: waspadalah dengan hal-hal di masa lampau, bisa jadi terungkap sekarang. Coba diingat-ingat dulu pernah jatuh cinta dengan pacar orang gak? Apa pernah nggak ngirim surat cinta temen? Apa pernah ditolak terus dukun bertindak? Waspadalah.. Waspadalah.. #eaaaaaa *pesan moral yang aneh* 😄😄😄

______

Setting kisah: saat aku SMA di Papua, di SMA N 3 Jayapura yang sekarang berganti nama menjadi SMA N 1 Sentani. Jadi demikianlah chit chat nya pakai dialek Papua.

Oh iya adik kelas kami, Brian Vincent Power Felle, salah satu dari 3 orang yang mengibarkan bendera merah putih di istana 17 Agustus 2015. *penting ini*

_______

Kisah ini sama sekali bukan dalam rangka mengalihkan isu yang lagi panas di Kompasiana, tapi kisah ini cuma buat ngingetin kalau masa lalu itu pasti banyak kisah koplak kalau dikenang sekarang.

*mencoba bikin quote, kalau nggak terlihat kayak quote Mario Teguh, ya namanya juga @KoplakYoBand

_____

Tulisan ini sudah tayang di Kompasiana >> http://www.kompasiana.com/d3551/surat-cinta-yang-terungkap_56279e63569373aa0955b453