“Kok namanya Pria sih?” Pertanyaan itu selalu muncul sejak saya masih di Taman Kanak-kanak. Mulai dari tetangga, teman-teman, guru bahkan dosen, semua selalu bilang “pasti dulu orangtuanya ingin punya anak laki-laki ya?” Dan kini pertanyaan-pertanyaan tersebut sering ditanyakan kepada saya pada akun-akun saya di dunia maya.

Dalam kesempatan kali ini saya akan sharing tentang asal usul nama “Priyadarshini”. Mungkin kalau saya tinggal di India pertanyaan itu takkan pernah muncul. Tapi berhubung saya tinggal di Indonesia yang punya kata “Pria” yang berarti “laki-laki”.

Ayah saya jauh sebelum menikah sudah punya keinginan bila punya anak perempuan akan di beri nama “Priyadarshini”. Hal ini karena dia pernah membaca buku biografi “Jawaharlal Nehru”, yang memiliki seorang anak perempuan yang bernama “Indira Priyadarshini”. Kemudian “Indira Priyadarshini” menikah dengan “Feroze Gandhi” sehingga mantan Perdana Menteri India ini menjadi terkenal dengan nama “Indira Gandhi”.

Saat “Megawati Soekarnoputri” menerima penghargaan “Priyadarshini Award” dari Akademi Priyadarshini pada tanggal 19 September 1998, yang kalau tidak salah diberitakan di Harian Kompas, barulah beberapa teman saya tau dari mana asal usul nama “Priyadarshini”.

Menurut Ayah saya “Priyadarshini” dalam buku tersebut berarti “bola mataku”, karena Jawaharlal Nehru menaruh banyak harapan agar putrinya akan menjadi matanya dalam memandang dunia. Namun saat saya bertanya di forum Yahoo Answer India mereka mengatakan “Priyadarshini” artinya “good looking girl” dan bila di search di Google menurut artinama.organisasi.org “Priyadarshini” artinya “menyenangkan untuk melihat”. Apapun itu ternyata arti nama “Priyadarshini” sungguh bagus.

Lalu pertanyaan selanjutnya “mengapa tulisannya “Priadarsini” bukan “Priyadarshini”?” Kalau tentang bentuk penulisan ini dikarenakan Ayah saya menyuruh bawahannya untuk mengurus pembuatan akte kelahiran saya, entah yang salah bawahan Ayah saya atau petugas pembuat akte, sehingga yang tercetak di akte menjadi “Priadarsini”.

Dulu saya sering merasa kesal dengan kesalahan penulisan di akte lahir saya dan kadang saya tetap menuliskan nama saya dengan “Priyadarshini”. Namun sekarang saya bersyukur dengan kesalahan penulisan tersebut, karena bila search “Priadarsini” di Google maka link pertama langsung tertuju pada data saya, bahkan mayoritas di halaman pertama merupakan data saya. Begitu mudah melacak saya di dunia maya.

Kemudian mengapa nama panggilannya “Dessy”? Itu permintaan nenek saya, karena sebelumnya saya dipanggil “Priya”, biar tidak kelihatan seperti nama laki-laki maka nenek saya memberi nama “Dessy”. Jadilah nama “Dessy” menjadi nama panggilan saya sejak bayi. Dessy berasal dari bahasa Spanyol yang artinya “Keinginan”.

Begitulah sedikit kisah tentang asal usul nama “Priyadarshini”, semoga sudah tidak menjadi pertanyaan lagi.