Selama mempunyai akun twitter saya belajar banyak hal. Twitter menjadi tempat berkomunikasi dan mencari informasi yang tepat, cepat dan mudah. Selain itu twitter bukan ajang untuk pamer foto-foto pribadi. Karena kebanyakan pengguna twitter sharing foto sebagai informasi atau ada hal yang unik yang perlu di share, seperti foto macet, banjir, objek wisata, kuliner dan lain-lain.

Aspirasi

Banyak hal yang ingin kita sampaikan bisa berupa kritik maupun saran kepada seorang yang berpengaruh mulai dari Menteri, anggota DPR, Ketua Partai, Tokoh Masyarakat sampai kepada Media dan Artis. Dan dulu tak mudah untuk menyampaikan segala aspirasi kita.

Semenjak twitter hadir kemudahan menyampaikan kritik dan saran pun tersalurkan. Hal ini dikarenakan twitter tidak mengharuskan kita untuk menjadi ‘teman’ dulu baru bisa komentar, cukup dengan mention akun seseorang tulisan pun akan terbaca oleh pemilik akun.

Sebagai contoh: Tidak terima dengan pernyataan Menkominfo Tifatul Sembiring? Anda cukup ketik @tifsembiring lalu sampaikan aspirasi anda. Akun Bapak Tifatul ini pun sering digunakan untuk protes pada menteri lain atau bahkan pada presiden, karena Pak Tifatul salah satu menteri yang rajin update twitter. Seperti saat rombongan Mensos masuk ke jalur busway, protes banyak yang dilayangkan ke akun Pak Tifatul.

Yang tidak terima dengan studi banding DPR dan renovasi gedung DPR akun-akun berikut menjadi sasarannya : @akbarfaisal68, @budimansudjatmiko, @bambangsoesatyo, @fahrihamzah, @pramonoanung, @anasurbaningrum dan masih banyak lagi.

Belum lagi menyaksikan dan sekaligus menanggapi perdebatan seru antara @wimar dan @aburizalbakrie. Sayangnya sekarang sudah tidak lagi. Karena Abu Rizal Bakrie sudah tidak terlalu aktif dipertwitteran.

Juga komentar-komentar dari kalangan selebritis dalam maupun luar negeri. Seperti celotehnya @iwanfals terhadap berbagai hal. Termasuk perseteruan Luna Maya dengan wartawan infotainment pun dimulai dari komentar Luna di akun twitternya yang dulu @lunmay dan semenjak kasus tersebut diganti menjadi @LuuNNyy.

Wawasan

Twitter juga menawarkan berbagai pengetahuan untuk menambah wawasan kita terhadap banyak hal. Cukup dengan ‘follow’ akun-akun seperti @kompasdotcom, @korantempo, @GOAL_ID, @YahooIndonesia, @Metro_TV, @TEAM_Talk dan masih banyak yang lain. Maka anda akan terima update berita apapun tiap menitnya, termasuk berbagai tips. Dijamin anda tidak akan ketinggalan berita.

Kalau anda ingin tau informasi macet atau ingin menginformasikan daerah yang sedang macet silahkan follow @lewatmana atau @trafficjakarta akan sangat membantu anda dalam perjalanan.

Buat yang suka dengan quote follow @ayatquran, @pepatah, @Ihatequote dan lain-lain.

Kemanusiaan

Berita bencana akan cepat diperoleh di twitter mulai dari jumlah korban sampai kemana kita bisa menyalurkan bantuan baik itu berupa uang atau bahan-bahan makanan dan obat-obatan. Seperti yang selalu di update @palangmerah dan untuk informasi bencana bisa follow @infogempabmg.

Bahkan disaat bencana terakhir tanggal 26.10.2010 semua seperti satu suara buat hastag #prayforindonesia yang kemudian selama dua hari menjadi top trending topics. Sampai artis-artis luar negeripun turut peduli dan yang paling banyak di RT yaitu @TomCruise @JustinBieber dan @KimKardashian

Belum lagi berbagai isu kemanusiaan lain seperti kekerasan terhadap anak, masalah kesehatan dan ekonomi.

Persatuan

Saat Malaysia mengakui banyak budaya Indonesia di twitter warga Indonesia bersatu padu sampai-sampai hastag #Malingsia jadi trending topics. Dan yang paling menghebohkan ketika warga Indonesia ditangkap di wilayah laut Indonesia oleh petugas Malaysia, twitter pun ramai dan bersatu melawan Malaysia. Walau kadang berlebihan dengan mengeluarkan kata-kata yang tak pantas.

Yang mengharukan saat PSSI digilas 1-7 oleh Uruguay. Kita bersama-sama mendukung sekaligus mencaci organisasi sepakbola Indonesia.

Juga duka ketika orang penting meninggal dunia seperti saat Alm Gus Dur. Begitu banyak ungkapan dan doa yang dipanjatkan.

Persahabatan

Twitter sering menciptakan persahabatan baru hanya karena setuju terhadap satu perkara lalu saling ‘follow’ dan pada akhirnya saling share dan saling support.

Bahkan saat pertandingan sepak bola Piala Dunia tiba-tiba saja banyak teman-teman baru mulai yang dukung tim yang sama sampai yang beda. Itu masih berlanjut sampai di pertandingan Liga Inggris saling ejek sekaligus saling support.

Belum lagi dapat teman karena sama-sama prihatin dengan anggota DPR yth juga karena sama-sama ngefans sama seseorang.

Persahabatan di twitter terasa begitu dekat karena saling bertukar informasi dan pikiran. Dan tentu dengan teman yang memang sudah kenal menjadi lebih erat lagi tali silahturahminya.

Popularitas yang Tidak Direncanakan

Twitter juga sering tiba-tiba mempopularitaskan seseorang tanpa direncana. Di Indonesia terjadi beberapa kali seperti siswa SMP yang bercanda dengan temannya dan menyebut pemilik BB itu alay, lalu siswa SMA swasta yang menyebut siswa SMA Negeri kampungan, alay dan tak mampu, kasus video mesum Ariel dan terakhir Shinta Jojo lipsing Keong Racun semuanya menjadi trending topics dan mendadak jadi topic pembicaraan dunia.

–> ID : @D3551

Tulisan ini sudah pernah saya tayangkan di www.kompasiana.com/d3551 tanggal 29 Oktober 2010